Kamis, 13 September 2012

Source Code Pencarian Record Pada Visual Basic 2010 Express



Visual Basic 2010 Express, merupakan varian terbaru dari pengembangan versi lama yaitu Visual Basic 6.0. pemutakhiran dari versi lama ke versi terbaru, dilihat dari sisi tatacara penultimate coding dll. Pada prinsipnya sama, hanya ada beberapa perintah – perintah dari versi yang lama dirubah. Namun bagi teman – teman yang mempunyai basic yang baik “ dalam pengcodian” versi yang lama, tidak akan mengalami kesulitan dalam versi terbaru.
Berikut ini, Bogani Blog memiliki contoh program yang dibuat sendiri. Yang diberi judul pencarian record / data pada table Ms. Access.
Untuk lebih jelas lagi teman – teman bisa mempelajari  cara-caranya dibawah ini :

Persiapan Awal :

Buat satu buah Form dengan design interface seperti pada gambar dibawah ini



Atur seperti gambar diatas. Untuk simulasi-nya “ saat login mahasiswa diketikkan pada kolom pencarian kemudian mengklik tombol cari, makan hasil pencarian akan ditampilkan pada kolom – kolom penginputan data yang berada dibawah.

Setelah proses desain selesai dilanjutkan ke tahap pengkodian, lihat coding pencarian dibawah ini.


dalam penulisan coding pencarian record, pertama - tama  klik dua kali pada buttom cari, atau masuk ke jendela view code terus pada bagian kiri atas jendela code,  pilih komponen buttom3 (ini merupakan nama buttom cari yang ada di contoh kasus, teman - teman tinggal sesuaikan dengan yang ada di program teman-teman). kemudian pada kolom kanan atas pilih event click. lihat gambar dibawah ini.



 setelah sudah berada pada jendela coding buttom3 dengan event click. ketikkan coding dibawah ini. sebelum-nya lihat tata letak dalam menuliskan coding pencarian.


lihat gambar hasil akhir ketika program di jalankan.


Sampai disini. contoh program pencarian record pada tabel microsoft access telah selesai.

semoga bermanfaat.. ^_^

Copyright Mahasiswa STMIK Parna Raya Manado 2012





1 komentar:

  • Unknown says:
    10 Desember 2016 pukul 15.21

    manado yang dimaksud dalam source kode itu apa ya?

Posting Komentar