Selasa, 12 April 2011

Tutorial Visual Studio 2010 C#

tutorial ini kita akan bangun dekat dengan lingkungan Visual Studio 2010. Kita akan belajar bagaimana membuat aplikasi konsol serta bentuk untuk menampilkan hello kita aplikasi dunia. Ini akan memberi kita kesempatan untuk melihat 2 jenis solusi dari yang tersedia dalam Visual Studio. Kami akan mulai membuat aplikasi konsol pertama kemudian kemajuan ke aplikasi formulir.
Pertama kita harus memahami lingkungan pengembangan kita akan menggunakan. Di sisi paling kiri adalah panel toolbox. Panel ini memberikan akses ke banyak kontrol yang dapat digunakan oleh Windows Forms. Berikutnya adalah Solution Explorer yang akan memungkinkan kita untuk menavigasi proyek dan file kita akan menciptakan dalam Solusi ini. Panel Properties berada langsung di bawah saya Solution Explorer dan akan memungkinkan kita untuk mengubah properti kontrol dan bentuk akan kita buat nanti. Jika salah satu tidak sedang ditampilkan itu dapat diambil dari menu View di bagian atas bawah Windows lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang MSDN Visual Studio kunjungan IDE dan mencari pertanyaan spesifik Anda mengalami.

Maka kita perlu untuk memulai lingkungan Visual Studio dan membuat proyek baru. Untuk melakukan ini, kita akan pergi ke File kemudian arahkan ke New Proyek dan klik. Sebuah kotak dialog akan muncul dan meminta Anda yang proyek yang Anda ingin memasukkan dalam larutan Anda yang akan otomatis dibuat untuk proyek Anda. Kita perlu menggunakan Aplikasi Konsol. Selanjutnya kita perlu mengganti kotak di bagian bawah di mana dikatakan ConsoleApplication1 dengan HelloWorldConsole dan kemudian setelah proyek dan solusi dibuat tekan CTRL-S untuk mengubah nama file solusi untuk HelloWorld dalam kotak di bawah kotak nama proyek dan tekan OK . Ini akan membuat proyek di dalam file Solusi. File Solusi bertindak seperti lem yang mengikat semua proyek yang termasuk dalam file solusi bersama. Kemudian kita akan menemukan bagaimana hal ini bermanfaat untuk menciptakan proyek-proyek dan membuat file kelas bahwa referensi DLL yang akan kita kode.
Setelah proyek ini dibuat kita akan mengedit file program.cs. Setelah Anda membuka program.cs kita akan menambahkan teks yang diperlukan untuk memiliki output program "Hello World" ke konsol. Untuk melakukan hal ini kita perlu menambahkan baris Console.Out.WriteLine ("Hello World!"); Di dalam static void kurung kurawal utama. Setelah ini selesai kita sekarang dapat membangun dan berusaha untuk membangun solusi kami. Untuk membangun solusi yang perlu kita tekan CTRL + SHIFT + B dan membangun proses akan sedang. Setelah membangun adalah sukses kita sekarang dapat menjalankan Aplikasi Console dengan menekan CTRL + F5. Ini akan menampilkan prompt perintah dengan "Hello World!".

Berikut ini adalah source code untuk program.cs:
01    using System;
02    using System.Collections.Generic;
03    using System.Linq;
04    using System.Text;
05    namespace HelloWorldConsole
06    {
07    class Program
08    {
09    static void Main(string[] args)
10    {
11    Console.Out.WriteLine("Hello World!");
12    }
13    }
14    }






Kita sekarang dapat melanjutkan ke bentuk jendela aplikasi Hello World. Untuk melakukan ini, kita perlu pergi ke solusi dan Right Click, lalu pergi ke Tambahkan kemudian klik New Project. Untuk proyek kami akan nama HelloWorldForms. Setelah proyek yang dibuat kita akan menghapus Form1.cs dan kami akan membuat bentuk baru dengan Mengklik Kanan Proyek HelloWorldForms, Menjelajahi Tambahkan ke kemudian ke New Item, dan ketika kotak dialog muncul kita akan memilih Windows Formulir.
Nama kita akan digunakan adalah main.cs dan tekan Tambah. Kita sekarang mengedit program.cs untuk mengubah Form1 yang dapat ditemukan dalam file untuk utama. Setelah Formulir Windows dibuat kita dapat mulai menambahkan dalam Kontrol dari Toolbox.
Kita akan menyeret label dan tombol ke bentuk digambarkan di tengah program. Kita akan mengedit properti di sini untuk membuat teks di dalam label kosong dan nama label lbHelloWorld bukan Label1. Setelah ini dilakukan kita akan ingin untuk mengedit tombol kita turun ke form sebelumnya. Kami akan mengubah nama tombol untuk btnHelloWorld dan Teks tombol untuk Klik Me!. Setelah ini dilakukan kita akan ingin menggunakan event handler untuk mengikat tombol dan label bersama-sama, jadi ketika tombol diklik "Hello World!" Akan muncul di label.
Untuk membuat event handler untuk tombol kita akan pergi ke panel Properties dan klik tombol di bagian atas yang terlihat seperti petir. Ini akan membawa kami ke o semua hal handler tombol ini dapat menangani. Kami ingin event handler Klik, hal ini akan menciptakan kode yang diperlukan untuk menangani event klik di main.cs. Sekarang bungkusnya ada kita dapat kode output ke label ketika tombol diklik. Di dalam kurung kurawal dari "btnHelloWorld_Click private void" dalam masukan main.cs baris kode berikut untuk menghubungkan dua Kontrol:



1 lbHelloWorld.Text = “Hello World!”;

Ini akan membuat main.cs terlihat seperti ini:
01    using System;
02    using System.Collections.Generic;
03    using System.ComponentModel;
04    using System.Data;
05    using System.Drawing;
06    using System.Linq;
07    using System.Text;
08    using System.Windows.Forms;
09   
10    namespace HelloWorldForms
11    {
12     public partial class main : Form
13     {
14     public main()
15     {
16     InitializeComponent();
17     }
18   
19     private void btnHelloWorld_Click(object sender, EventArgs e)
20     {
21     lbHelloWorld.Text = "Hello World!";
22     }
23     }
24    }
The program.cs should look like this:
01    using System;
02    using System.Collections.Generic;
03    using System.Linq;
04    using System.Windows.Forms;
05   
06    namespace HelloWorldForms
07    {
08     static class Program
09     {
10     /// <summary>
11     /// The main entry point for the application.
12     /// </summary>
13     [STAThread]
14     static void Main()
15     {
16     Application.EnableVisualStyles();
17     Application.SetCompatibleTextRenderingDefault(false);
18     Application.Run(new main());
19     }
20     }
21    }
Setelah semua ini selesai kita perlu untuk menjalankan program tersebut dengan menekan CTRL + F5 lagi. Layar yang harus muncul harus sesuatu seperti ini:



Layar setelah tombol telah ditekan akan terlihat seperti ini:

Sekarang kami telah menyelesaikan tutorial berikutnya Anda harus dapat bergerak melalui Visual Studio IDE untuk membuat beberapa proyek di bawah satu solusi, menghapus file dalam proyek dan menciptakan bentuk-bentuk baru dan kelas, dan memodifikasi kode sumber dalam event handler. Tutorial berikutnya akan lebih mendalam dengan Visual Studio Toolbox dan membuat formulir dengan kontrol di atasnya dengan kode backbone minimal, serta meninjau beberapa file umum yang dibuat dan apa yang otomatis disertakan untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang Toolbox Kontrol Anda dapat memeriksa artikel Microsoft MSDN di Toolbox Kontrol. Jika Anda mengalami masalah dengan proyek ini merasa bebas untuk komentar dan saya akan membantu untuk mencoba dan mengatasi masalah tersebut. Sampai Hacking tutorial berikutnya, Happy!

Sampai disini dulu,, tutorial diatas sempat aku pelajari waktu aku masih semester 3....selamat mencoba..

3 komentar:

  • Anonim says:
    19 April 2012 pukul 20.26

    slmt siang...
    k'andy tau coding untuk komunikasi serial port yg di visual C# dengan mikrokontroler..??

  • Anonim says:
    19 April 2012 pukul 20.36

    slmt siang...
    k'andy tau coding untuk komunikasi serial port yg di visual C# dengan mikrokontroler..??

  • Bogani blog says:
    24 April 2012 pukul 03.35

    klw untuk koneksi k mikro,, kk belom beljar sampe di situ... :)

    belajar juga c# hanya sampe pada tahap simpan file di access..

Posting Komentar